Merah Biru Warna Madura

May 8, 2011

Warna madura?
Maksudnya warna ini dalam ingatan saya adalah warna yang identik dengan Madura.
“Merah? kayak orang Madura…” begitulah di tempat asal saya, sampai menjadi brand.

Biru, ini dia, orang madura sering juga bilang warna hijau itu biru, saya tidak tahu pasti apa memang tidak ada kosa kata warna hijau di bahasa madura.

Tapi memang ini kenyataannya, warna warna seperti merah, biru dan hijau. Bahkan warna primer merah, biru (asli tidak tercampur warna lain) pun mereka berani padu padankan. Warna ini ada di jendela, pintu, atap, perahu, batik madura, tempat tidur, tiang rumah…
Berani dalam memadu padankan warna – warna berkarakter kuat ini, dari paduan yang dihasilkan orang sering menyebutnya ngejreng dan norak. Wajar.., karena memang sulit memadankan warna berkarakter kuat untuk menjadi elegan..

Di sinilah hebatnya, positioning-nya pun kuat..
Orang madura atas keberaniannya sangat punya pengalaman memadukan warna-warna egois ini dimana orang lain takut melakukannya.

Tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman,..
Tidak hanya elegan, eksotis itu tercipta..

One Response to “Merah Biru Warna Madura”


  1. Kenapa ya orang madura suka warna2 yang genjreng? Dulu waktu saya penelitian di daerah pesisir Banyuwangi, saya bisa membedakan antara rumah orang Madura dengan orang Bugis atau Jawa dari warnanya.


Leave a comment